KARYA TULIS ILMIAH Pengaruh Media Sosial terhadap Prestasi Siswa
PENGARUH MEDIA
SOSIAL TERHADAP PENCAPAIAN PRESTASI SISWA KELAS XI IPA 4 SMAN 1 BAJENG
Karya Tulis Ilmiah ini disusun untuk memenuhi tugas
Bahasa Indonesia
Disusun
Oleh :
KELOMPOK 1
· Nurul
Izzah Syam
·
ST. Khadijah
·
Khaerunnisa
· Zulfausi
Halimin
KELAS XI IPA 4
SMA NEGERI 1 BAJENG KAB. GOWA
TAHUN 2016
PENGARUH MEDIA
SOSIAL TERHADAP PENCAPAIAN PRESTASI SISWA KELAS XI IPA 4 SMAN 1 BAJENG
Karya Tulis Ilmiah ini disusun untuk memenuhi tugas
Bahasa Indonesia
Disusun Oleh :
KELOMPOK 1
·
Nurul Izzah Syam
·
ST. Khadijah
·
Khaerunnisa
·
Zulfausi Halimin
KELAS XI IPA 4
SMA NEGERI 1 BAJENG KAB. GOWA
TAHUN 2016
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
Motto :
1. “Kesuksesan itu bukan dilihat dari
nilai, namun sebenarnya kesuksesan itu dilihat dari bagaimana ia berkompetisi, berusaha dan berdoa dalam mencapai
kesuksesannya”
2. “Let’s
do positive things, better & faster”
3. “Ulurkan
cintamu karena tuhanmu dan tariklah cintamu karena Tuhanmu, anda tentu tak akan
kecewa”
4. “Bukan
kecerdasan anda, melainkan sikap andalah yang akan mengangkat anda dalam
kehidupan”
5. “Raihlah
ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar”
PERSEMBAHAN
:
Karya Tuis ini
kupersembahkan kepada :
1. Ayah dan Ibunda
tercinta
2. Teman-teman
3. Semua pembaca yang
budiman
iii
ABSTRAK
Kelompok
1 2016 . PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PENCAPAIAN PRESTASI SISWA
Tujuan penulisan
karya ilmiah ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh
penggunaan media sosial terhadap pencapaian prestasi siswa kelas XI IPA 4 SMAN
1 Bajeng.
Kemudian
metode yang dilakukan ada 3 yaitu metode observasi, wawancara dan study
pustaka. Metode angket dengan melakukan pengisian
angket yang dilaksanakan pada tanggal 28 Januari2016. Kemudian metode wawancara
dilaksanakan pada tanggal yang sama.Adapun metode study pustaka dengan mencari informasi
yang ada di buku ataupun internet.
Hasil
penelitian yang kami lakukan adalah frekuensi penggunaan media sosial ternyata
berpengaruh besar terhadap penurunan prestasi belajar siswa disekolah. Hal ini
ditunjukkan pada hasil observasi yang telah kami lakukan.
iv
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami ucapkan kepada
Allah SWT karena atas berkat dan rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan karya
ilmiah yang berjudul “Pengaruh Media
Sosial Terhadap Pencapaian Prestasi Siswa Kelas XI IPA 4 SMAN 1 Bajeng”.
Penulis
juga mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing ibu Ni’ Nengan Wirjani, S.Pd selaku guru bahasa
Indonesia kelas XI IPA 4 SMAN 1 Bajeng yang telah membantu dan membimbing kami
dalam penyusunan karya ilmiah ini. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada
teman-teman baik yang telah berkonstribusi langsung maupun tidak langsung dalam
penyusunan karya ilmiah ini.
Penulis
menyadari bahwa tulisan ini jauh dari sempurna baik dari segi isi maupun
penyajiannya, untuk itu penulis mengharapkan saran serta kritikan yang bersifat
membangun dari pembaca guna kesempurnaan penyusunan karya ilmiah ini.
Semoga
karya ilmiah yang kami buat ini, dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua.
Aamiin.
Bajeng,
27 Januari 2014
Penulis
v
DAFTAR ISI
HALAMAN
SAMPUL........................................................................................ i
HALAMAN
JUDUL............................................................................................ ii
MOTTO
DAN PERSEMBAHAN....................................................................... iii
ABSTRAK............................................................................................................ iv
KATA
PENGANTAR.......................................................................................... v
DAFTAR
ISI........................................................................................................ vi
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
belakang masalah ........................................................................... 1
1.2 Rumusan
masalah.................................................................................... 2
1.3 Tujan
penelitian........................................................................................ 2
1.4 Manfaat
penelitian................................................................................... 3
1.5 Hipotesa................................................................................................... 3
1.6 Sistematika
Penulisan.............................................................................. 3
BAB II KAJIAN
PUSTAKA
2.1
Pengertian Media Sosial.......................................................................... 5
2.2
Pengertian Prestasi Siswa dan Faktor yang mempengaruhinya............... 5
2.3 Dampak
Positif dan Dampak Negatif Media Sosial................................ 7
BAB
III METODE PENELITIAN
3.1 Variabel.................................................................................................... 9
3.2 Definisi
Variabel...................................................................................... 9
3.3 Populasi Dan Sampel.............................................................................. 10
3.4 Metode
Penelitian.................................................................................... 10
3.5 Teknik
Pengumpulan Data....................................................................... 10
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil
penelitian........................................................................................ 12
4.2 Pembahasan
Hasil Penelitian................................................................... 12
BAB V KESIMPULAN
DAN SARAN
5.1 KESIMPULAN....................................................................................... 15
5.2SARAN.................................................................................................... 15
vii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Zaman
modern sekarang ini, komunikasi dengan teman maupun kerabat sangat mudah
dilakukan dan menggunakan biaya yang murah. Komunikasi adalah suatu proses
penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain.
Komunikasi dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi
secara tidak langsung dapat menggunakan bantuan alat-alat maupun media
komunikasi seperti handphone.
Komunikasi
zaman modern ini dipermudah lagi dengan adanya
media sosial, khususnya untuk para pengguna internet. Media sosial
merupakan sebuah iasm struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individu
atau organisasi. Media sosial ini akan membuat mereka yang memiliki kesamaan
sosialitas, mulai dari mereka yang telah dikenal sehari-hari sampai dengan
keluarga bisa saling berhubungan.
Media
sosial saat ini telah menguasai kehidupan para pengguna Internet. Layanan yang
dihadirkan oleh masing-masing situs media sosial berbeda-beda. Hal inilah yang
merupakan ciri khas dan juga keunggulan masing-masing situs media sosial.
Tetapi umumnya layanan yang ada pada media sosial adalah chating, email,
berbagi pesan, berbagi video atau foto, forum diskusi, blog, dan lain-lain.
Pemanfaatan situs media sosial atau social networking telah menjadi trend atau
gaya hidup bagi sebagian masyarakat. Buktinya situs media sosial Facebook
berada pada peringkat pertama website yang paling banyak diakses di Indonesia.
Indonesia
mengalami peningkatan jumlah pengguna internet sejak tahun 2010. Pengguna
Internet di Indonesia kebanyakan adalah pengguna berumur 15-25 tahun (40% total
pengguna Internet Indonesia).
1
Dari data ini berarti kita dapat melihat bahwa
pengguna internet terbanyak adalah peserta didik yang berada di tingkat Sekolah
Menengah Atas.
Peserta
didik tersebut umumnya menggunakan internet untuk mengupdate akun situs media
sosial mereka masing-masing. Media sosial ini umumnya digunakan untuk
berkomunikasi bersama teman-teman sekolah maupun keluarga. Frekuensi penggunaan
media sosial dari masing-masing peserta didik umumnya berbeda.
Oleh
sebab itu, pada karya ilmiah kali ini penulis akan membahas tentang pengaruh
media sosial terhadap pencapaian prestasi siswa disekolah sesuai denga judul
karya ilmiah yang telah kami sebutkan sebelumnya.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah diatas dapat ditarik suatu rumusan masalah sebagai
berikut :
1. Berapa
banyak pengguna sosial media di Kelas XI IPA 4 SMAN 1 Bajeng?
2. Berapa
jumlah frekuensi penggunaan sosial media di Kelas XI IPA 4 SMAN 1 Bajeng?
3. Apakah
pengaruh media sosial di kelas XI IPA 4 SMAN 1 Bajeng terhadap pencapaian
prestasi siswa kelas XI IPA 4 SMAN 1 Bajeng?
1.3 Tujuan
Penelitian
Berdasarkan
rumusan masalah tersebut, tujuan umumnya adalah
1. Untuk
mengetahui banyaknya pengguna sosial media di Kelas XI IPA 4 SMAN 1 Bajeng
2. Untuk
mengetahui jumlah frekuensi penggunaan media sosial di Kelas XI IPA 4 SMAN 1
Bajeng
3. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan
media sosial terhadap pencapaian prestasi siswa kelas XI IPA 4 SMAN 1 Bajeng.
2
1.4 Manfaat
Penelitian
Ada
tiga manfaat yang diperoleh dalam penulisan karya ilmiah ini. Manfaat tersebut
adalah :
1. Bagi
sekolah, sebagai referensi dan bahan rujukan agar dapat menggunakan media
sosial secara terarah dan benar
2. Bagi
siswa, harus dapat mengatur waktu
penggunaan media sosial dan dapat mengambil manfaat baik dari penggunaan media
sosial.
3. Bagi
penulis, penulis dapat menambah wawasan tentang internet khususnya manfaat
penggunaan media sosial.
1.5 Hipotesa
Yang
mendorong penulis untuk membahas dan melakukan penelitian masalah ini adalah
karena adanya beberapa anggapan sementara terhadap pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi
siswa.Adapun anggapan tersebut adalah media sosial sangat besar pengaruhnya
dalam penurunan pencapaian prestasi siswa.
1.6 Sistematika Penulisan
Untuk
memberikan gambaran penulisan Karya Tulis ini, maka penulis memberikan
sistematika penulisan sebagai berikut:
Bab
1 Pendahuluan
Pada
bagian ini menguraikan tentang Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan
Penelitian, Manfaat Penelitian, Hipotesa dan Sistematika penulisan.
Bab
2 Kajian Pustaka
Menguraikan
tentang pengertian-pengertian atau definisi dan faktor faktor
3
Bab
3 Metode Penelitian
Menguraikan
tentang Variabel penelitian, definisi Variabel, Populasi dan sampel, Metode
Observasi, Angket, Instrumen Penelitian dan Teknik Pengumpulan Data
Bab 4 Hasil Dan
Pembahasan
Menguraikan tentang
hasil Penelitian
Bab 5 Penutup
Isinya merupakan
kesimpulan dari pembahasan yang merupakan jawaban terhadap masalah serta berisi
saran-saran.
4
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1 Pengertian Media Sosial
Media
sosial adalah suatu sistem yang menghubungkan pertukaran informasi antara
seseorang dengan orang lain. Sistem ini mengizinkan user untuk dapat terhubung
dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang
lain. Media social merupakan suatu
struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau
organisasi. Media ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena
kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan
keluarga.
2.2 Pengertian Prestasi Siswa dan Faktor
–Faktor yang mempengaruhinya
A. Prestasi siswa
Prestasi
adalah sesuatu yang didapat atau dicapai
seseorang setelah mengalami proses belajar yang dinyatakan dengan berubahnya
pengetahuan, tingkah laku, dan ketrampilan. Prestasi siswa yang dicapai oleh
tiap-tiap anak setelah belajar atau usaha yang diandalkan berupa angka-angka
atau skala. Prestasi yang diperoleh murid berupa pengetahuan, ketrampilan,
normatif watak murid yang dikembangkan di sekolah melalui sejumlah mata
pelajaran.
Prestasi
siswa juga banyak diartikan sebagai
seberapa jauh hasil yang telah dicapai siswa dalam penguasaan tugas-tugas atau
materi pelajaran yang diterima dalam jangka waktu tertentu. Prestasi belajar
pada umumnya dinyatakan dalam angka atau huruf sehingga dapat dibandingkan dengan
satu kriteria
B. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi
siswa
Faktor dari dalam, ini
merupakan faktor yang berasal dalam diri sipelajar (siswa) itu sendiri yang
meliputi :
5
1.
Fisiologi yang berupa kondisi fisik dan
kondisi panca indra
2. Psikologi yang berupa bakat, minat,
kecerdasan, motivasi dan kemampuan kognitif.
Dari beberapa definisi tersebut diatas maka
dapat diambil kesimpulan bahwa prestasi belajar siswa secara umum dipengaruhi
oleh dua faktor yaitu faktor yang pertama berasal dari dalam diri siswa itu
sendiri dan faktor yang kedua berasal dari luar diri siswa yang sedang
melakukan proses kegiatan belajar meliputi motivasi, perhatian pada mata
pelajaran yang berlangsung, tingkat penerimaan dan pengingatan bahan, kemampuan
menerapkan apa yang dipelajari, kemampuan mereproduksi dan kemampuan
menggeneralisasi.
Faktor
dari luar, adalah faktor yang berasaldari luar si pelajar. Hal ini dapat berupa
sarana prasarana, situasi lingkungan baik itu lingkungan keluarga, sekolah
maupun lingkungan masyarakat.
1. Faktor keluarga yaitu cara orang tua
mendidik, relasi antara anggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi
keluarga, pengertian orang tua, dan latar belakang kebudayaan
2. Faktor dari lingkungan sekolah yaitu
metode mengajar guru, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan
siswa, disiplin sekolah, alat pelajaran, waktu sekolah, standar belajar diatas
ukuran, keadaan gedung, metode belajar dan tugas rumah.
3. Faktor masyarakat yaitu kegiatan siswa
dalam masyarakat, mass media, teman bergaul, dan bentuk kehidupan masyarakat. Faktor
dari luar juga dipengaruhi oleh sipengajar factor ini meliputi kemampuan
membangun hubungan dengan sipelajar, kemampuan menggerakkan minat pelajaran,
kemampuan memberikan penjelasan, kemampuan menyebutkan pokok-pokok masalah yang
diajarkan, kemampuan mengarahkan perhatian pada pelajaran yang sedang
berlangsung, kemampuan memberikan tanggapan terhadap reaksi.
6
Dari
pendapat Rooijakkerstentang faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa
dapat diberikan kesimpulan bahwa prestasi siswa dipengaruhi oleh dua faktor
yaitu faktor yang berasal dari diri pelajar dan faktor yang berasal dari
sipengajar (guru).
2.3 Dampak Positif dan Dampak Negatif Media
Sosial
A
.Dampak positif media sosial
1. Anak dan remaja dapat belajar
mengembangkan keterampilan teknis dan sosial yang sangat di butuhkan di zaman
digital seperti sekarang ini. Mereka akan belajar bagaimana cara
beradaptasi,bersosialisai dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan.
2. Memperluas jaringan pertemanan, anak
dan remaja akan menjadi lebih mudah berteman dengan orang lain di seluruh
dunia, meski sebagian besar diantaranya belum pernah mereka temui secara
langsung.
3. Anak dan remaja akan termotivasi untuk
belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara
online, karena di sini mereka berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama
lain.
4. Situs media sosial membuat anak dan
remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati, misalnya memberi
perhatian saat ada teman mereka yang ulang tahun, mengomentari foto, video dan
status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu
secara fisik.
B.
Dampak Negatif media sosial
1. Anak dan remaja menjadi malas belajar
berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasa pun menjadi terganggu.
Jika anak terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya, maka pengetahuan tentang
seluk beluk berkomunikasi di kehidupan nyata, seperti bahas tubuh dan nada
suara, menjadi berkurang.
7
2. Situs media sosial akan membuat anak
dan remaja lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan
lingkungan sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet.
Hal ini dapat mengakibatkan anak menjadi kurang berempati di dunia nyata.
3. Bagi anak dan remaja, tidak ada aturan
ejaan dan tata bahasa di media sosial. Hal ini akan membuat mereka semakin
sulit membedakan anatara berkomunikasi di situs media sosial dan dunia nyata.
Hal ini tentunya akan mempengaruhi keterampilan menulis mereka di sekolah dalam
hal ejaan dan tata bahasa.
4. Situs media sosial adalah lahan subur
bagi predator untuk melakukan kejahatan. Kita tidak akan pernah tahu apakah
seseorang yang baru di kenal anak kita di internet, menggunakan jati diri yang
sesungguhnya.
5. Pornografi : Anggapan yang mengatakan
bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan
penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Untuk
mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan
kemampuan untuk memilih jenis home page yang dapat di akses. Di internet
terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan
dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
6. Penipuan : Hal ini memang merajalela di
bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang
terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang
Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
8
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Variabel Penelitian
Variabel
dalam penelitian ini dibagi dalam dua variable yakni:
a. Variable
independen (variable bebas), yang menjadi variable bebas dalam penelitian ini
adalah Media Sosial
b. Variabel
dependen (variable terikat), yang menjadi variable terikatnya adalah pencapaian
prestasi siswa kelas
3.2 Definisi
Variabel
Pengaruh
: Daya yang ada atau timbul dari sesuatu (orang atau benda) yang ikut membentuk
watak,kepercayaan,atau kekuatan seseorang.
Media
sosial : suatu sistem yang menghubungkan pertukaran informasi antara seseorang
dengan orang lain.
Terhadap
: Berasal dari kata “hadap” yang berarti kata depan untuk menandai
arah,kepada,lawan.
Pencapaian
: Berasal dari kata “capai” yang berarti proses,cara,perbuatan mencapai.
Prestasi
: Sesuatu yang didapat atau dicapai seseorang setelah mengalami proses belajar
yang dinyatakan dengan berubahnya pengetahuan, tingkah laku, dan ketrampilan.
Siswa
: Orang (anak yang sedang berguru)
9
3.3
Populasi
dan Sampel
A.
Populasi
Populasi
adalah keseluruhan objek penelitian. Sesuai dengan permasalahan untuk menemukan
jawaban dari penelitian ini, maka
peneliti mengambil populasi siswa kelas XI IPA 4 SMAN 1 Bajeng
B.
Sampel
Sampel
merupakan sebagian atau wakil yang diteliti. Dalam penelitian ini, peneliti
mengambil sampel sebanyak 20 siswa dari
kelas XI IPA 4 SMAN 1 Bajeng
3.4
Metode
Penelitian
Berdasarkan
tujuan yang ingin dicapai peneliti akan menggunakan 3 metode, yaitu observasi,study
pustaka dan wawancara. Metode observasi dilakukan dengan metode pengisian
angket yang dilaksanakan pada tanggal 28 Januari2016. Subjek pengisi kuisioner
sampel penelitian siswa kelas XI IPA 4 SMAN 1 Bajeng dengan jumlah 20 siswa.Adapun
metode pustaka dengan mempelajaraji dan mengkaji buku atau internet yang ada
hubungannya dengan masalah yang akan dibahas yaitu pegaruh media social
terhadap pencapaian prestasi siswa di kelas IX IPA 4 SMAN 1 Bajeng. Kemudian
metode wawancara dilakukan dengan memberikan 3 item pertanyaan kepada siswa,
setelah itu menganalisis data yang didapatkan.
3.5 Teknik Pengumpulan Data
Berdasarkan
masalah yang diteliti yaitu “Pengaruh media sosial terhadap pencapaian prestasi
siswa kelas XI IPA 4” maka dalam karya tulis ilmiah ini digunakan metodologi
kuantitatif dengan studi pendekatan. Secara teoritis , metodologi kuantitatif
ini dapat memenuhi syarat, dimana suatu teori harus dapat dibuktikan secara
empiris, sehingga kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
10
Data yang dikumpulkan dianalisis dengan cara
menghitung presentase hasil kuisioner pada setiap pilihan jawaban. . Kami
berikan angket kepada responden dengan jumlah sebanyak 5 item yang
mencakup media sosial dan pencapaian
prestasi. Sedangkan tiap tiap-tiap item disediakan 2 pilihan jawaban yaitu ya dan tidak
11
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil Penelitian
Dari hasil penelitian yang kami
lakukan kami memperoleh hasil sebagai berikut:
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
Persentase
|
||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Apakah anda mempunyai media sosial?
|
19
|
1
|
95%
|
5%
|
2
|
Apakah anda sering menggunakan media
sosial?
|
17
|
3
|
85%
|
15%
|
3
|
Apakah media sosial bermanfaat untuk
anda?
|
15
|
5
|
75%
|
25%
|
4
|
Apakah sosial media lebih sering anda
gunakan sebagai media untuk belajar?
|
9
|
11
|
45%
|
55%
|
5
|
Apakah prestasi anda meningkat dengan menggunakan
sosial media?
|
5
|
15
|
25%
|
75%
|
Dengan
metode angket, kami memaparkan 5 pertanyaan, dari sampel sebanyak 20 siswa kelas XI IPA 4
di SMAN 1 Bajeng, peneliti berhasil mengumpulkan data dibawah ini :
4.2 Pembahasan
4.2.1 Jumlah Pengguna Media sosial oleh Siswa
Dari
hasil pembagian angket diatas,responden yang menjawab ya pada pertanyaan
pertama adalah 95% dan tidak sebanyak 5% dapat diuraikan bahwa siswa pada zaman
sekarang tidak terlepas dari media sosial. Ini dikarenakan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih,penyebaran informasi serta akses
telekomunikasi dan transportasi semakin lebih cepat dan mudah.
12
Seehingga
siswa merasa kebutuhannya terpenuhi dengan menggunakan social media. Namun
kebanyakan dari siswa tidak menmpergunakan media sosial sebagai media pencarian
informasi tetapi sebagai media hiburan.
4.2.2 Frekuensi Penggunaan Media Sosial oleh Siswa
Pada
saat ini banyak siswa yang selalu mengupdate semua akun media sosial yang
mereka punya. Akun media sosial yang mereka miliki tidak sedikit, melainkan
cukup banyak. Data yang kami dapatkan media sosial yang sering digunakan oleh
siswa adalah Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Skype, dan Path. Mereka
mengupdate pada saat waktu luang maupun libur. Tidak sedikit pula diantara mereka
yang mengupdate media sosial pada saat jam pelajaran berlangsung.Mereka
melakukan ini dengan berbagai alasan. Alasan alasan tersebut seperti mencari
tugas dari guru, chatting dengan teman, menambah informasi, memperluas wawasan,
menambah ilmu pengetahuan, dan memperbanyak teman.
Dari
penelitian yang kami lakukan pada pertanyaan kedua adalah 85% responden
menjawab ya dan 15% tidak. Ini
menunjukkan bahwa siswa dominan sering menggunakan social media. Dari hasil
wawancara responden mengatakan bahwa mereka
menghabiskan waktu untuk penggunaan media sosial selama 1-3 jam dan sebagian respoden
mengatakan bahwa mereka menghabiskan
waktu untuk penggunaan media sosial dalam waktu yang tidak tertentu.
Kemudian penelitan kami juga menghasilkan 45 %
responden menjawab ya dan 55% responden menjawab tidak pada pertanyaan ke
empat. Ini menunjukkan bahwa kebanyakan siswa menggunakan media sosialnya hanya untuk mengupdate
status, menjadikan social media tempat curhat, atau sebagai hiburan.
13
Data
ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPA 4 SMA N 1 Bajeng lebih sering menghabiskan waktu
mereka untuk mengupdate media sosial daripada mengulang pelajaran mereka atau
mencari tugas mereka yang diberikan disekolah.
4.2.3 Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap
Prestasi Siswa
Dari
data tadi kita dapat melihat bahwa ternyata lebih banyak siswa yang menggunakan
media sosial dalam waktu yang tidak menentu. Kemudian dari hasil penelitian
kami juga menemukan bahwa 30 % responden mengatakan penggunaan media sosial tersebut tidak berpengaruh
terhadap prestasi mereka disekolah. Setelaah kami telaah ternyata responden ini
hanya menggunakan media sosial 1-3 jam dan digunakan untuk hal bermanfaat
seperti membuat tugas dan menambah wawasan.
Akan
tetapi responden kami yang lainnya, 70% mengatakan bahwa penggunaan media
sosial sangat berpengaruh bagi mereka, sehingga menyebabkan prestasi mereka
turun disekolah. Ini dibuktikan dengan rangking pada rapor semester mereka
tidak memuaskan. Mereka menyebutkan alasan mengapa media sosial tersebut
mengganggu prestasi belajar mereka, antara lain pertama, membuka situs media
sosial mengganggu waktu belajar mereka. Kedua, hal tersebut membuat mereka lupa
belajar karena ketergantungan pada handphone mereka masing-masing. Ketiga, frekuensi
penggunaan media sosial yang terbilang cukup lama tersebut menyita waktu
mereka, sehingga mereka malas untuk belajar. Kemudian alasan yang terakhir
adalah, mereka jadi hobi membuka situs media sosial, sehingga lupa melakukan
kewajiban mereka sebagai peserta didik.
14
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
Pada
zaman sekarang komunikasi merupakan hal yag mudah dilakukan dan dengan cara
serta biaya yang murah. Media sosial merupakan jalan bagi seorang siswa untuk
mencari informasi dan berhubungan dengam teman-temannya maupun keluarga.
Frekuensi penggunaan media sosial tersebut berbeda-
beda.
Alasan dari penggunanaan media sosial ini pun bervariasi, antara lain untuk
menambah informasi, mencari tugas, maupun hanya untuk chatting dengan teman
saja.
Frekuensi penggunaan media sosial
ternyata berpengaruh besar terhadap penurunan prestasi belajar siswa disekolah.
Hal ini ditunjukkan pada hasil observasi yang telah kami lakukan.
5.2 Saran
Diharapkan kepada seluruh siswa
untuk dapat mengatur penggunaan media sosial dalam kehidupan sehari-hari.
Kemudian siswa juga bisa mengetahui manfaat baik yang mereka peroleh dari
penggunaan media sosial.
Untuk pihak orang tua, juga dapat
mengawasi anak anaknya dan mengatur mereka agar waktu penggunaan media sosial
tidak berlebihan dan menyita waktu mereka untuk belajar.
Yang terakhir, untuk pihak sekolah
agar memberikan peringatan kepada siswa yang menggunakan media sosial saat
pelajaran beralngsung dan memberikan sanksi tegas bagi siswa yang melanggar.
15
Membantu sekalii
BalasHapus